Keramaian Tugu Yogyakarta dan Diorama Tugu di Malam Hari

Keramaian Tugu Yogyakarta dan Diorama Tugu di Malam Hari

Advertisement


Saya tinggal cukup lama di Yogyakarta, sejak tahun 2009 dengan niat kuliah. Waktu itu tak ada keinginan untuk menjadi penulis jalan-jalan atau travel writing. Saya cuma berangkat dari kota asal saya ke Yogyakarta demi menempuh kuliah (yang jurusan itu saya pilih juga secara asal, yang penting diterima di universitas negeri dan bisa segera cabut dari rumah).
Tugu Yogyakarta. PWM



Sejak masuk kuliah, tahun 2009, saya tidak pernah dengan sengaja plesir ke Tugu Yogyakarta seperti kebanyakan mahasiswa. Niat dari kos, datang ke Tugu Yogya lalu foto-foto di sekitar tugu dan atau duduk di tugu itu, supaya bisa diposting ke facebook, line, instagram, atau media sosial yang lain.

Saya cuma menjadi salah satu mahasiswa yang lewat sekitar tugu, melihat tugu dari dalam trans Yogya, saat dibonceng teman dengan motor, pendek kata tidak pernah benar-benar niat menikmati Tugu Yogya.

Namun, banyak komunitas, lembaga, instansi pemerintah yang sering mengadakan acara di sekitar tugu. Misalnya melukis massal di sepanjang trotoar Jl. Mangkubumi. Dengan melihat-lihat keramaian acara ini, secara otomatis pandangan mata saya pun sesekali tertumbuk ke puncak Tugu Yogya. 
Dari balik bajigur. PWM

Selain acara melukis massal yang diadakan setiap tahun, ada pula acara-acara lain yang berkaitan erat dengan budaya Yogyakarta. Saya masih tak menyempatkan diri ke Tugu Yogya dengan niat untuk selfie seperti kebanyakan pengunjung Yogya.

Saya merasa tidak harus melakukannya karena saya akan tinggal lama di Yogya. Tak ada rencana untuk keluar dari kota ini, bahkan diam-diam saya berniat untuk memiliki rumah tetap di Yogya (berapa harganya dengan KPR ya?).

Jadi, ini untuk pertama kalinya saya motret Tugu Yogyakarta sejak dari rumah. Saya ingin ada stok kisah perjalanan, meski sedikit dan tak sentimentil tentang Tugu Yogyakarta.

Tugu Yogyakarta pada saat saya datang sebagai mahasiswa dan sekarang sangat berbeda. Sudah ada perbaikan di beberapa bidang. Terutama dulu, tahun 2009 belum memiliki diorama Tugu yang berisikan sejarah singkat tentang Tugu Yogyakarta. 
Diorama Tugu Yogyakarta. PWM

Landmark baru kota Yogyakarta sebagai pelengkap Tugu Yogyakarta itu diresmikan pada tahun 2015. Sebelum diresmikan, rencana pengadaan diorama tugu ini sudah menarik perhatian banyak pihak. Bagaimana setelah diresmikan? Tentu saja lokasi itu menjadi salah satu destinasi baru bagi wisatawan, baik lokal, luar daerah, maupun wisatawan asing.

Saya ambil kesempatan pada suatu malam di awal bulan November untuk memotret aktivitas di sekitar Tugu Yogyakarta yang sudah dilengkapi dengan diorama Tugu ini.

Menarik, angkringan kopi joss di sekitar Tugu Yogyakarta masih ada dan tetap ramai oleh anak nonkrong. Di sekitar diorama Tugu Yogya juga ada beberapa penjual keliling, seperti bajigur, jagung rebus, kacang rebus, cilok, dan lain-lain. Makin malam, lokasi menjadi makin ramai. 

Nyantai sedelok nang Tugu Yogya. PWM
Tiap sudutnya diisi oleh remaja-remaja yang ingin santai. Ada yang menikmati bajigur, jagung bakar, jagung godog, kopi, gorengan, dan lain sebagainya. Ada juga yang datang untuk motret, ada juga yang hanya melihat diorama lalu pergi, yang tinggal lama di sana adalah remaja-remaja penikmat malam dengan obrolan santai.

Yogya memang selalu menarik, baik saat siang maupun malam. Landmark kota Yogyakarta ini akan jadi lebih akrab untuk remaja, mahasiswa, atau pun pegawai yang ingin santai di malam hari. Siang hari, landmark kota ini tidak cukup ramah untuk dijadikan obyek foto dan juga santai.


Advertisement


Contact Us
Naraya Trip Planner
Alamat Kantor Pusat : Jl. Raya Purworejo - Magelang Km. 7 No. 25

Email: paketwisatamurahku@gmail.com

WA/SMS 1 : 085-700-474-743 (Aix)
WA/SMS 2 : 085-700-474-743 (Widi)

PIN BB 1 : D2052660 (Aix)
PIN BB 2 : D2052660 (Widi)

Office hours :
Monday to Friday 09.00 – 16.30 (GMT + 7)
Saturday 09.00 – 13.00 (GMT + 7)
jual motor honda new baru jogja murah cash kredit

Rental dan Sewa Sound System Jogja Murah

Lihat Juga Paket Wisata Kami Lainnya:
- Paket Tour Singapore [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Tour ke Jepang [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Study Tour [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Korea [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Jogja [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata China [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Malang [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Bromo [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Green Canyon Pangandaran [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Malaysia [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Bali [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Bandung [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Pulau Tidung [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Karimunjawa [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Pulau Seribu [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Dieng [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Lombok [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Tour Hongkong [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Honeymoon Bulan Madu [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Tour Thailand [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Raja Ampat [ Lihat harga paket klik disini ]
- Sewa Mobil Jogja [ Lihat harga klik disini ]
- Sewa Bus Jogja [ Lihat harga klik disini ]

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cari Paket Wisata Murah

DMCA.com Protection Status