Pameran Seni Rupa Tradisional Gambar Kaca Lama “KACA CARITA”

Pameran Seni Rupa Tradisional Gambar Kaca Lama “KACA CARITA”

Advertisement

Bila belum pernah atau belum tahu apa itu gambar kaca, silahkan hadir di pameran bertajuk "Kaca Carita" yang digelar oleh Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) dari tanggal 5-13 November 2016.
Salah satu contoh lukisan kaca. PWM/Bentara Budaya Yogya


Dirunut dari sejarahnya, Gambar Kaca bermula dari penemuan kaca berwarna setelah Zaman Renaisance di Eropa yang marak digunakan untuk membuat stained glass yang berfungsi sebagai hiasan untuk pintu dan jendela pada gedung-gedung besar sebagai bagian dari seni arsitektur.
 
Lalu bagaimana dengan keberadaan gambar kaca yang ada di Indonesia terutama di Pulau Jawa? Sejak kapan mulai ada?

Sebenarnya gambar kaca memang sudah ada di Indonesia sekitar awal abad ke-19 tetapi bukan karya orang Indonesia melainkan karya pelukis dari Eropa, Cina, dan Jepang, bahkan dari Nepal. Lukisan-lukisan kaca tersebut terpasang pada rumah loji orang Belanda dan para hartawan Cina yang membelinya dari negara-negara Eropa ,Cina, dan Jepang. Kemungkinan merupakan karya souvenir masa itu.

Lukisan kaca dari Eropa biasanya dilukis secara realis mengambil objek seorang gadis atau pria muda berambut pirang dalam posisi setengah badan, sedangkan kacanya berbentuk oval dan cembung, piguranya oval dengan ornamen keemasan. Lukisan kaca ini sungguh indah seperti lukisan gaya renaisance.

Lukisan kaca dari Cina sebenarnya apakah berasal dari Cina daratan, dari Hongkong, ataukah Singapura, kami kurang tahu. Namun, sosok yang digambarkan memang sosok putri Cina yang berpakaian tradisional lengkap dengan posisi duduk di samping meja marmar dengan perlengkapan alat minum berupa teko dan cucingnya.

Lain lagi dengan gambar kaca dari Jepang. Suasana pemandangan Gunung Fujiyama yang bersalju mendominasi lukisan ini, lalu nampak perkampungan tradisional Jepang di mana digambarkan dalam bentuk rumah-rumah dengan pohon Sakura, lalu ada para perempuan berpayung memakai kimono berjalan menyusuri jalan setapak di tepi telaga . Lukisan kaca gaya Jepang ini tidaklah murni lukisan kaca tetapi sudah memakai kolase berupa serpihan-serpihan kerang mutiara yang ditempelkan pada objek-objek rumah sehingga tampak berkelap-kelip menjadi menarik.

Sementara itu, di Jawa, menurut sumber tertulis tahun 1939 dalam majalah Djawa terbitan Java Institut yang ditulis oleh Hooykaas menerangkan bahwa sekitar tahun 1939 dia mendapat lukisan kaca dari berbagai toko souvenir di daerah Yogyakarta berupa lukisan kaca dengan tema wayang, bergambar cerita Dewaruci dan Bima, tema-tema Islam seperti Sunan Kalijaga dan binatang air kemudian Nabi Sulaiman dengan sejumlah binatang, Buraq, kaligrafi Sima ngali, Yosep dan Dothan, Yusuf dan Jakub, kemudian legenda tentang Sunan Bayat, yaitu Syeh Dumbo, Ki Ageng Pandanaran dan Sunan Kalijaga.

 Di samping itu ada juga legenda rakyat Jawa seperti Ande-ande Lumut, Dewi Nawangwulan, dan Jaka Tarub kemudian ada Rara Mendut dan Pranacitra dan yang terakhir adalah perlawanan Untung Surapati melawan Kapten Tack. Sayangnya, semua lukisan kaca tersebut tidak diketahui siapa pelukisnya. Karena zaman dahulu memang belum lazim.

Dari contoh-contoh lukisan kaca produksi tahun 1939 tersebut dapat kita ketahui beberapa hal penting. Lukisan-lukisan kaca tersebut terutama yang menggambarkan legenda rakyat, seperti Syeh Dumbo, Sunan Kalijaga,dan Ande-ande Lumut kami kira otentik karya ahli sungging saat itu terutama di Yogyakarta atau Surakarta, sedangkan yang bertemakan Islami kami tidak berani mengatakan itu asli karya ahli sungging Jawa karena ada beberapa kaligrafi atau cerita tentang Nabi Yusup yang mengcopy dari gambar-gambar cetak (print) yang beredar di Timur Tengah kemudian dibeli oleh para Haji Indonesia sebagai souvenir, kemudian dicontoh oleh ahli sungging sebagai pesanan. Jadi gambarnya asli Indonesia tetapi mencontoh gambar print dari Arab termasuk, juga gambar-gambar Masjidil Haram di Mekah yang digambar dalam berbagai versi.

Ciri khas dari gambar kaca lama adalah warna-warnanya sangat bervariasi karena memakai cat bubuk, ada gradasi warna yang terbentuk antara percampuran warna tersebut. Lain halnya kalau menggunakan cat kaleng, gradasinya tidak nampak karena cat langsung ngeblok tidak bisa bercampur.

Dalam pameran di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) bertajuk "Kaca Carita" ini memiliki tujuan untuk menampilkan gambar-gambar kaca lama sebagai pengetahuan tentang seni tradisional Jawa yang dibuat oleh juru sungging kaca zaman dahulu, yang sayangnya anonim. Gambar-gambar kaca ini kami kumpulkan dari beberapa kolektor gambar kaca lama.




Advertisement


Contact Us
Naraya Trip Planner
Alamat Kantor Pusat : Jl. Raya Purworejo - Magelang Km. 7 No. 25

Email: paketwisatamurahku@gmail.com

WA/SMS 1 : 085-700-474-743 (Aix)
WA/SMS 2 : 085-700-474-743 (Widi)

PIN BB 1 : D2052660 (Aix)
PIN BB 2 : D2052660 (Widi)

Office hours :
Monday to Friday 09.00 – 16.30 (GMT + 7)
Saturday 09.00 – 13.00 (GMT + 7)
jual motor honda new baru jogja murah cash kredit

Rental dan Sewa Sound System Jogja Murah

Lihat Juga Paket Wisata Kami Lainnya:
- Paket Tour Singapore [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Tour ke Jepang [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Study Tour [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Korea [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Jogja [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata China [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Malang [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Bromo [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Green Canyon Pangandaran [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Malaysia [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Bali [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Bandung [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Pulau Tidung [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Karimunjawa [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Pulau Seribu [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Dieng [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Lombok [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Tour Hongkong [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Honeymoon Bulan Madu [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Tour Thailand [ Lihat harga paket klik disini ]
- Paket Wisata Raja Ampat [ Lihat harga paket klik disini ]
- Sewa Mobil Jogja [ Lihat harga klik disini ]
- Sewa Bus Jogja [ Lihat harga klik disini ]

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cari Paket Wisata Murah

DMCA.com Protection Status