aceh 143016 big

Tempat Wisata Di Aceh yang Unik

Wisata di Aceh – Sebelum kita membahas apa saja pariwisata yang ada di Aceh, kita perlu mengetahui tentang kota aceh terlebih dahulu. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kota Aceh, yang ibu kotanya yakni Banda Aceh, jelas. Karena kota ini di juluki sebagai kota islam paling TUA di seluruh Asia. Jadi disini banyak sekali jejak-jejak sejarah baik edukasi, wisata alam maupun sejarah Agama islam sendiri. Jadi, kalian tidak hanya berlibur untuk melepaskan lelah dari rutinitas sehari-hari namun kalian juga bisa lo menambah wawasan ilmu pengetahun di Aceh.

Tempat Wisata Di Aceh

Terdapat destinasi destinasi yang menakjubkan di Aceh, apa saja destinasi tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

  • Pulau Rubiah
Wisata Di Aceh
Pulau Rubiah

  Pulau yang terletak di kota Sabang ini, menawarkan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Kalian akan di suguhkan dengan pemandangan yang masih sangat alami dibawah lautnya, berbagai macam tentang kehidupan di bawah laut bisa memanjakan mata dan membuat kalian betah berlama-lama di pulau ini. Cocok untuk kalian yang mempunyai hobby menyelam. Walaupun pulau ini tidak memiliki penghuninya, namum kalian yang akan berkunjung kesini tidak perlu khawatir, karena banyak pedagang yang berjualan di area sekitar pulau.

Selalu ramai di hari libur, pulau ini menjadi favorit warga lokal maupun warga mancanegara sekalipun. Kalian tidak hanya merasakan sensasi bawah lautnya, tapi kalian bisa menikmati pasir pantai yang sangat putih dan ada juga penyewaan perahu, menarik bukan.

image 38

  Di bawah laut kalian akan menemukan berbagai macam biota laut yakni terumbu karang, bintang laut, ikan cepe-cepe dan masih banyak lagi. Di sebut-sebut sebagai surganya laut, wajar saja karena masih sangat alami ya. Lokasi Pulau Rubiah ini berada di 350 km jika dari pantai lboih dan 23,5 km jika kalian dari pulau Weh, kalian bisa menyebarang ke sini dengan biaya sekitar 50.000 rupiah saja dari Pelabuhan balohan yang menemouh sekitar 1 jam perjalanan selanjutnya pengunjung bisa melanjutkan lagi ke Pulau Rubiah. Yuk agendakan.

  • Taman Nasional Gunung Leuser
image 40
Taman Nasional Gunung Leuser

  Salah satu taman nasional yang menjadi Kawasan untuk pelestarian alam di Indoensia, dengan luas berkisar 1.094.692 H, taman yang biasa di singkat dengan TNGL ini memiliki fungsi yakni perlindungan untuk sistem penyangga kehidupan, pengawetan satwa dan jenis-jenis tumbuhan, dan pemanfaat untuk sumber alam hayati, dan masuk dalam situs warisan dunia dari unesco juga. Dari sini kalian sudah pasti memikirkan betapa luasnya dan betapa kayanya pelestarian ini, wajar jika banyak pengunjung yang datang kesini untuk menambah wawasan. Tak sedikit orang yang kesini untuk melakukan penelitian maupun sekedar mengetahu tentang kehidupan ragam ekosistem disana.

Kalian suka hal yang menantang? Disini kalian bisa menguji nyali kalian, selain terpesona oleh beberapa alasan di atas ternyata disini kalian juga bisa bermain arung jeram. Terdapat sungai Las yang menjadi sungai terpanjang di Aceh ini, punya tingkatan grade 3 dan 4 artinya hanya orang professional saja yang boleh bermain disini.

image 41

  Terdapat hal menarik lainnya yang bisa kalian coba yakni adanya 4 tujuan wisata utama yang wajib kalian coba, pertama adanya bukit lawang, tangkahan, kedah serta lawe gurah di Aeh sendiri, Terdapat air terjun yang menyegarkan kalian pastinya dan adanya gajah Sumatra atau bagi kalian yang ingin mendaki sangat bisa. Dengan ketinggian gunung Leuser berkisar 3.404 mdpl yang menawarkan pendakian selama 7 hari tantangan yang luar biasa sekali. atau kalian ingin menikmati pemandian air panas yang terdapat di Lawe Gurah serta penampakan dari bunga rafflesia.

  Untu tiket masuknya kalian bisa merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah saja bagi kalian wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara kalian bisa membayar sebesar 150.000 rupiah per orang. Siapkan dana kalian dan jangan lupa kunjungi wisata ini.

  • Danau Aneuk Laot
image 42
Danau Aneuk Laot

Danau ini salah satu dana yang letaknya berada di tengah-tengah kota Sabang di Pulau Weh. Ternyata pulau ini menjadi sumber dari mata air para masyarakat pulau Weh itu sendiri. Aneuk Laot yang artinya anak laut, oleh bahasa Aceh menyuguhkan pemandangan yang hijau dan masih sangat asri, air yang sangat jernih serta rasa segar dan sejuk menjadi salah satu hal yang wajib kalian dapatkan jika berlibur ke Aceh.

Kalian bisa menikmati indahnya sunset dan pemandangan dari Samudra Sabang, jika di malam hari kalian bisa menikmati indahnya pantulan lampu-lamou kota Sabang yang terlihat gemerlap di danau ini ditemani dengan hawa yang dingiin. Jika kalian tertarik kesini, bisa menginap di tempat yang telah di sediakan oleh pihak pengelola. Berkisar sebesar 200 – 400 ribu permalamnya.

image 44

  Lokasi mencapai danau aneuk laot ini kalian harus pergi ke kota sabang terlebih dahulu yang mengguakan rute Banda Aceh-Sabang menggunakan kapal ferri atau speedboat sekalpun, namun bisa juga melalui transportasi penerbangan dari Medan menuju Sabang ya. Jika kalian menggunakan kpal fery akan memakan waktu sekitar 1 jam saja menuju lokasi dengan biayanya sebesar 30.000 rupiah saja, berbeda halnya jika menggunakan speedboad dengan jarak tempuh yang terbilang lebih cepat yakni berkisar 45 menit saja dan biaya yang diberikan hanya 50.000 ribu rupiah loh. Setelah sampai di Kota Sabang, kalian cukup melanjutkan perjalan sekitar 30 menit saja ke lokasi.

  • Pantai Jangka, Bireuen
image 45
Pantai Jangka, Bireuen

  Pantai jangka bireuen ini merupakan salah satu destinasi yang tak pernah sepi pengunjung. Sepanjang hari selalu dating wisatawan dating dengan silih berganti disini, jika kalian ingin melepaskan penat setelah bekerja, disinilah tempatnya. Menikmati keindahan pantai memang selalu jadi favorit semua orang sepertinya, dengan lokasi yang tidak jauh dari pusat kota hanya berkisar 30 menit saja kalian sudah sampai di lokasi, dengan alamat lengkapnya di Desa Jangka Mesjid di Kecamatan Jangka, Aceh.

Mudah bukan, apa saja yang menarik di pantai ini sehingga banyak pengunjung yang dating setiap harinya? Pertama, kalian akan melihat keunikan dan keindahan warna warni paying sepanjang pantai yang menjadi tampilan terbaru dari pengelola pantai. Terdapat banyak fasilitas yang telah di sediakan yakni tempat parker, mushola, toilet, sayangnya pulau ini hanya buka sampai pukul 18.00 saja. Jadi kalian tidak bisa menikmati wisata malamnya disana ya.

image 47

  Mengenai kuliner, kalian tidak akan pernah merasa kelaparan karena banyak sekali para pedagang yang menyediakan makanan khususnya makanan khas Aceh itu sendiri. Oh iyaa, Ketika masuk ke area pantai ini, kalian akan di sambut dengan gantungan bunga serta lampu dengan beraneka ragam warnanya di pintu masuk utama. Makin indah bukan, membayangkan nya saja sudah indah apalagi bisa kesana, memang terdengar seperti pantai yang selalu indah.

Recent Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *